Follow Me @intanyputri.edyson

Selasa, 06 Oktober 2015

Tutorial Cara Membuat Atau Mengedit Subtitle Sendiri

Anyeoong Yedeulahhh,,,
Berhubung aku bingung mau ngapain di Blog aku jadi kepikiran buat bagi-bagi ilmu menarik buat kalian yaitu Cara membuat Subtitle atau Mengedit Subtitle sendiri. Ada yang pada tahu? yang udah tahu diem-diem aja, yang belum ayoo merapat!!

gimana sih cara membuat subtitle? buat kalian yang sekedar pengen tahu atau bahkan pengen buat sendiri tenang aku datang untuk membantu. Berikut tahap-tahapnya:

  1. buka aplikasi Notepad, pada punya kan?

 

2.  buka video/film yang mau di subtitle-in,,
3. cocokkan waktu percakapan dalam video, catat waktunya pada notepad 
     dengan format waktu mulai --> waktu akhir percakapan. Lihat gambar
(note: sebagai contoh aku pake subtitle yang udah jadi. Biar ga Repot hehe)
4. terus lakukan tahap no. 3 sampai selesai. Buat subtitle emang capek tapi yaa asiik juga sihh kalo nanti subtitle kita bisa di pake sama orang ya kan?

nah untuk cara mengedit subtitle yang kadang sering ga beraturan ya maklum hasil kerja mbah google misalnya, trus kalian mau ngedit pake bahasa sendiri ya silahkan,, sini aku kasih tahu caranya.

Berikut tahap nya:

1. Klik kanan pada subtitle yang mau di edit
2. klik properties

3. klik Change / atau kalo mau cara cepat Klik kanan pilih open with trus pilih Notepad
4. nah subtitle siap di edit dengan bahasa kalian. Tapi ingat jangan disalahgunakan yaa,, misal dengan mengatas namakan kalian padahal itu hasil kerja keras orang lain. kalo emang mau edit ya usahakan sertakan juga nama pemilik subtitle aslinya (alias sertakan credit di dalamnya) hargai kerja keras orang lain okok!


Sekian dulu deh tutorial singkatnya, sorry klo ada typo dan kesalahan di berbagai tempat kkk~ oiya!! dalam pembuatan subtitle ada banyak kode yang bisa di pake lhoo,, misal buat Garing (/) buat tulisan berwarna, dan sebagainya. Untuk yang itu InsyaAllah next bakal aku bagiin tutorialnya. Tungguin yaaa!!!! Ppai!!! Semoga bermanfaat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar